Shooter Island - Blender Game

Shooter Island merupakan game desktop bergenre FPS yang dibuat menggunakan software Blender. Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, karena Blender sudah memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai bahasa pemograman.

Shooter Island adalah game yang terinspirasi dari game Counter Strike. Arena permainan game ini berupa labirin yang didalamnya terdapat rintangan, coin dan peluru. Untuk membuat game Shooter Island hal yang dilakukan pertama kali adalah modeling. Fungsi modeling yaitu untuk membuat desain baik dari karakter ataupun menu – menu yang terdapat dalam game. Setelah melakukan modeling kita dapat memperbaiki tampilannya dengan menggunakan texture dan meterial – material warna agar game terlihat lebih bagus.

Game ini tidak menggunakan script / coding melainkan menggunakan logic editor yang tersedia pada Blender Engine. Saya tidak akan menjelaskan langkah demi langkah pembuatan game Shooter Island, melainkan saya akan menjelaskan beberapa contoh Logic Editor yang digunakan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya akan saya sediakan link downloadnya. 

Screenshoot


Splash_Screen Editor


Editor Permainan


Logic Editor Character

Penjelasan Singkat Logic Editor Character

Pada logic editor terdapat Sensor, Controller dan Actuator. Sensor berfungsi sebagai penerima perintah yang dibuat. Controller berfungsi untuk menghubungkan atau menjalankan fungsi Sensor pada Actuator. Actuator berfungsi untuk menjalankan / merespon perintah Sensor.

Saya akan menjelaskan beberapa kegunaan Logic Editor ini. Logic editor ini ditempatkan pada sebuah cube. Terlihat pada gambar Logic Editor di atas terdapat Sensor Mouse, Keyboard dan Collison. Fungsi sensor keyboard dimana W, A, D dan S yaitu sebagai penggerak object / cube pada Blender. Sensor keyboard W terhubung dengan Actuator Motion. Actuator Motion ini merupakan arah gerak character, pada Motion tedapat sumbu X, Y dan Z. Dengan mengikuti sumbu ini maka charakter dapat bergerak. Sebagai contoh Sensor Keboard W memiliki Motion sumbu Y dengan kecepatan gerak 0.02, semakin besar nilai kordinat semakin cepat character bergerak.

Untuk membuat game pada Blender, kita harus belajar terlebuh dahulu modelling object pada Blender. Setelah memahami bagaimana membuat modelling maka membuat game akan menjadi lebih mudah. Siapkan terlebih dahulu konsep game yang akan dibuat guna untuk membantu saat mendesain game.

Video Game



Untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan download pada link dibawah. 

Installer Blender => Berisikan installer blender
Manual Book => Penjelasan pembuatan game Shooter Island
File Blend => Editor game Shooter Island
Blender Project Game => Game Shooter Island


Note : untuk menjalankan game Shooter Island silahkan install terlebih dahulu software Blender yang sudah tersedia pada link download diatas



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Shooter Island - Blender Game"

Posting Komentar