PBI - Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook


Kehidupan Pribadi Mark Zuzckerberg

Zuckerberg lahir tahun 1984 di White Plains, New York dari pasangan Karen, seorang psikiater, dan Edward Zuckerberg, seorang dokter gigi. Ia bersama tiga saudara perempuannya, Randi, Donna, dan Arielle, dibesarkan di Dobbs Ferry, New York. 

Zuckerberg mulai menggunakan komputer dan mulai mengembangkan aplikasi saat dia ada di SMA. Ayahnya mengajari bahasa pemrograman Atari yaitu BASIC di tahun 1990an. Ayahnya memanggil pengembang software bernama David Newman sebagai guru les privat.

Zuckerberg sangat senang mengembangkan aplikasi, khususnya aplikasi untuk komunikasi dan permainan. Salah satu aplikasi yang dikembangkan Zuckerberg adalah ZuckNet, aplikasi untuk berkomunikasi internal. Dalam perkembangannya Zuckerberg mengembangkan beberapa aplikasi permainan. Salah satu aplikasi yang cukup terkenal buatan Zuckerberg adalah Synapse Media Player (mendapatkan rating 3 dari 5 PC Magazine).

Semasa Kuliah dan Awal mula Terciptanya Situs Jejaring Sosial Facebook




Zuckerberg adalah anggota Alpha Epsilon Pi. Pada awalnya Mark Zuckerberg hanyalah seorang mahasiswa dari Universitas Harvard. Zuckerberg lalu membuat suatu sistem jejaring sosial untuk kelasnya. Tetapi setelah ia membuat sistem tersebut, ternyata semakin banyak saja orang yang tergabung didalamnya. Sistem itu lama-kelamaan telah menjaring universitas terdekat dari tempatnya kuliah, dan inilah awal dari Facebook yang kita kenal saat ini.

Dari situasi inilah, Zuckerberg berinisiatif untuk mengembangkan sistem jejaring tersebut. Mula-mula Zuckerberg mengembangkan sistem ini dan memberi nama Facebook. Zuckerberg dan kawan-kawannya lalu menyewa tempat di Palo Alto, California sebagai tempat untuk mengembangkan Facebook. Karena keasyikan untuk mengembangkan proyek Facebook, maka Zuckerberg lupa akan kuliahnya. Zuckerberg dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit antara memilih pendidikannya atau bisnis proyek yang sedang dia kembangkan. Dengan sikap yang optimis Zuckerberg dan kawan-kawannya memilih untuk meninggalkan kuliah mereka, dan memfokuskan diri pada proyek Facebook tersebut.

Misi dari Facebook adalah membuat dunia terbuka (making the world open). Di awal tahun 2009, Zuckerberg meminta nasehat pada salah satu direktur Netscape, Peter Currie mengenai strategi pendanaan Facebook. Pada 21 July 2010, Zuckerberg mengumumkan Facebook memiliki 500 juta pengguna di dunia. Dalam pernyataannya juga Zuckerberg menyatakan kedepan Facebook akan mendapatkan keuntungan dari iklan (saat ini sudah dijalankan Facebook Ads).

Hasil dari usaha pengelolaan Facebook

Awal tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders. Usia Mark Zuckerberg baru 30 tahun, tetapi ia bisa menghasilkan 44 miliar dollar AS. Keberhasilan pria pendiri Facebook, salah satu situs jejaring sosial ternama di dunia ini membuatnya masuk kedalam jajaran 10 orang terkaya di di Dunia versi Forbes. Tidak hanya itu, dalam jajaran tersebut ia juga dinobatkan sebagai orang kaya yang paling muda. Di tahun 2015, menurut majalah Forbes total kekayaan Mark Zuckerberg sebesar 35,7 Milyar Dollar atau sekitar 496 Trilyun Rupiah yang masih menobatkan dirinya sebagai anak muda paling kaya di dunia.

Sumber

http://www.biografiku.com/2009/10/biografi-mark-zuckerberg-pendiri.html
https://www.finansialku.com/kisah-sukses-mark-zuckerberg-pendiri-facebook
https://id.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg
http://www.pushkom.com/profil-biografi-penemu-pendiri-facebook-mark-zuckerberg/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PBI - Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook"

Posting Komentar